RSS

Kuliah dan Masa Depan

Mau jadi apa jika lulus kuliah nanti ? Pertanyaan yang sering terpikirkan oleh ku ketika sendiri meratapi nasib.  Namun aku yakin tidak hanya aku yang sering terbayang-bayang dengan pertanyaan itu. Kebanyakan dari kita mahasiswa baru  Sistem Informasi ITS Surabaya mempertanyakan hal tersebut. Yang kita pikirkan setelah lulus dari SI (singkatan dari Sistem Informasi) adalah menjadi programmer. Padahal (sebenarnya) tidak semua mahasiswa ini mempunyai cita-cita menjadi programmer. Pertanyaan-pertanyaan itu dapat membuat kita berpikir tentang bagaimana masa-masa perkuliahan kita kedepannya. Mata kuliah apa saja yang mungkin kita ambil pada semester-semester selanjutnya agar ilmu yang didapat bisa sesuai dengan pekerjaan kita nantinya.
Sebelumnya perlu kita ketahui jurusan SI menerima siswa lulusan SMA bisa dari jurusan IPA maupun IPS.  Sehingga banyak peluang untuk bisa masuk jurusan ini. Namun mengapa SI menerima jurusan IPS juga? Padahal kita tahu bahwa kalau di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya adalah institut yang terkenal dengan tekniknya, sedangkan teknik sendiri biasanya harus lulusan dari jurusan IPA.  Yang menyebabkan SI juga menerima siswa lulusan dari jurusan IPS ini karena mata kuliah yang terdapat di jurusan yang masuk 5 besar peringkat tertinggi di ITS ini juga berisikan pelajaran-pelajaran yang diberikan saat SMA di jurusan IPS. Mata kuliah yang diajarkan di Sistem Informasi misalnya saja Algoritma dan pemrograman, Matematika diskrit, Manjemen Sains, Statistika, Kalkulus dan aljabar linear, dan masih banyak lainnya merupakan contoh mata kuliah yang masih berhubungan dengan jurusan IPA. Sedangkan matakuliah yang berhubungan dengan jurusan IPS misalnya Sistem Fungsional Bisnis, Manajemen dan Organisasi, Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, dan lain-lain. Semua matakuliah di jurusan ini pasti berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada jurusan ini mahasiswa dituntut mampu untuk ‘mengkoding’.
Dengan kita mempelajari mata kuliah yang telah disebutkan tadi, lalu apakah kita akan memanfaatkannya dengan maksimal ? Karena pada jaman seperti ini banyak sekali ketika lulus dari kuliah, pekerjaan yang dicari sebagian besar tidak sesuai dengan apa yang telah pelajari pada saat kuliah. Misalnya saja banyak lulusan-lulusan SI yang bekerja di  bagian HRD, Teller Bank, dan lain sebagainya, bagaimana dengan ilmu yang telah mereka dapat pada saat kuliah di SI ?
Semua tergantung bagaimana kita untuk mengatur mata kuliah yang akan kita dapatkan agar kelak berfungsi dan dapat bermanfaat saat masuk dunia kerja. Yang diharapkan dari lulusan Sistem Informasi adalah mampu bekerja sebagai manajer, technopreneur, konsultan, analis sistem/ bisnis, manajer proyek teknologi informasi, auditor teknologi informasi. Profesi-profesi itu pasti akan menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan pada saat kuliah sehingga tidak terbuang begitu saja ilmu yang kita terima. Jangan sampai setelah kita susah-susah 3-4 tahun belajar di bangku kuliah, namun kita tidak bisa menerapkan ilmu-ilmu yang kita dapat karena pekerjaan yang kita dapatkan tidak membutuhkan ilmu-ilmu itu. Namun bagaimanapun juga garis kehidupan kita tetap berada di tangan Allah, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Semoga sukses teman! :)  

2 comments:

Aldo K. Wachyudi said...

Apapun jurusannya. Entrepreneur jobnya!

Mayangsekar Agintiara said...

wah dasar km berjiwa enterpreneur..
haha mau usaha apa do ?
jualan pulsa ?:P

Post a Comment