RSS

Surabaya Clean and Green

Surabaya kota pahlawan ! Bukan hanya itu cap yang diberikan untuk kota Surabaya. Surabaya adalah termasuk sebagai kota metropolitan. Sudah tahu semua kan ? Lalu bagaimana pandangan kalian tentang kota metroplitan ? yang ada dipikiran kita pasti kota yang sibuk, kota yang banyak kendaraan lalu lintas,kota yang banyak mallnya, dan masih banyak lagi untuk menilai kota metropolitan.

Ya Surabaya banyak kendaraan bermotor, dan yang mendominasi adalah sepeda motor. Banyak sekali kendaraan bermotor, yang saya rasa setiap tahunnya semakin bertamnbah banyak. Dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor, dampak yangterjadi adalah macet dan udara yang kotor. Taukah kamu ? Bahwa SUrabaya adalah koto yang menduduki peringkat pertama dengan udara terbersih di Indonesia. Bangga bukan ? :D
Ini disampaikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dalam pelayanan program Langit Biru (Blue Sky). Yang dinilai kualitas udara kota 'didasarkan pada empat pertimbangan utama. Empat parameter utama adalah lalu lintas manajemen, kualitas bahan bakar, hasil pemeriksaan kendaraan emisi dan kualitas udara di jalan-jalan utama setiap kota. Parameter tambahan lainnya, katanya, adalah upaya pemerintah daerah untuk mengurangi emisi dan perencanaan perkotaan kota-kota masing-masing.


Bagaimana tidak bersih udaranya, Surabaya juga mempunyai julukan kota seribu taman. Sejak pergantian walikota menjadi bu Risma yang nota bene adalah mantan kepala dinas pertamanan, kota surabaya menjadi hijau dengan didirikan banyak taman-taman di Surabaya.

Surabaya, mencetak indeks poin kumulatif 7,21, dipilih sebagai kota dengan kualitas udara terbaik dalam kategori metropolitan, diikuti oleh Medan, Sumatera Utara, di posisi kedua dan Jakarta Timur di urutan ketiga.

Saya sungguh bangga tinggal di Surabaya walaupun saya baru  hampur 10 tahun tinggal disini. Hampir separuh hidup saya tinggal di Surabaya. Menurut saya Surabaya adalah kota ternyaman yang pernah saya kunjungi. 

0 comments:

Post a Comment