RSS

Kuli Kontrak


Judul: Kuli Kontrak
Penulis: Mochtar Lubis
Tebal: 164 Halaman
Penerbit: Sinar Harapan, Jakarta
Tahun: 1982

Mochtar Lubis (lahir di Padang, Sumatera Barat, 7 Maret1922 meninggal di Jakarta, 2 Juli 2004 pada umur 82 tahun) adalah seorang jurnalis dan pengarang ternama asal Indonesia. Sejak zaman pendudukan Jepang ia telah dalam lapangan penerangan. Beliau telah menghasilkan banyak karya sastra seperti Senja di Jakarta (novel, 1970; diinggriskan Claire Holt dengan judul Twilight in Jakarta, 1963), Harta Karun(cerita anak, 1964), Tanah Gersang (novel, 1966) dan  Kuli Kontrak. 

Cerpen ini diambil dari latar belakang zaman penjajahan Belanda. Mochtar Lubis menulis cerpen Kuli Kontrak ini yang bercerita tentang seorang ayah yang bekerja sebagai pamong yang dapat menyembatani pribumi dengan pemerintah Belanda. Hingga suatu saat ayah melihat kuli kontrak yang melarikan diri karena meningkap Opzichter yang menggoda istri-istri kuli kontrak tersebut. 

Dalam cerpen tersebut Mochtar Lubis menggunakan kata-kata serapan yang tidak lazim dikarenakan cerpen tersebut terjadi masa penjajahan Belanda sehingga masih banyak digunakan bahasa melayu klasik seperti pada kalimat “Dan beberapa kali aku dengar ibu bercakap-cakap dengan opas Abdullah.” 

Alur yang disajikan dalam cerpen Kuli Kontrak merupakan alur maju yang dijelaskan secara runtun  mulai dari perkenalan tokoh-penampilan masalah-konflik memuncak-klimaks-ketegangan menurun-penyelesaian. Dari alur yang runtun tersebut membuat pembaca dapat terhanyut dalam emosi yang dibuat oleh pengarang. 

Setelah membaca secara keseluruhan dari cerpen ini dapat kami ambil nilai moral. Nilai moral dapat tersampaikan dengan baik dalam cerita ini. Dibuktikan dari sifat kaum pribumi yang ditindas oleh Belanda, baik itu rakyat biasa atau pegawai pemerintah Belanda, dimana mereka harus melihat anak bangsa sendiri dihukum dengan penikaman yang dilatari ketidakadilan pemerintah.

0 comments:

Post a Comment